Tanamkan Creativepreneur sejak Dini

SM 21_04_2017 Tanamkan Creativepreneur sejak Dini Menanamkan jiwa creativepreneur bisa dilakukan sejak dini kepada generasi muda, seperti mahasiswa. Owner Fresh Hasan, Hasanuddin Hadi Kusuma menuturkan, jiwa kewirausahaan perlu ditanamkan selagi usia muda, seperti sejak menempuh kuliah. Sebelum lulus kuliah, mahasiswa bisa membangun bisnis sesuai minat mereka masingmasing.

Penanaman kewirausahaan sudah saatnya dilakukan saat menginjak masa kuliah. ”Mereka bisa membangun bisnis sesuai minatnya. Dalam membangun sebuah usaha tentu dibutuhkan kreativitas dan semangat tinggi,” tuturnya saat seminar Creativepreneur di Unika Soegijapranata, Kamis (20/4).

Dia mengatakan, dalam membangun bisnis dibutuhkan tekad dan keinginan kuat. Jangan pernah putus asa dan harus diawali dengan kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas. Ia lalu berbagi pengalaman dalam membangun bisnis minuman sup buah. Kali pertama membangun bisnis tersebut, ia masih berusia 19 tahun. Hasan ingin mengajak masyarakat mengonsumsi minuman yang sehat dengan aneka buah-buahan yang disajikan.

Beragam kreasi minuman telah ia hasilkan dan sekarang diminati konsumen, utamanya kalangan mahasiswa. Sebab, kedainya berlokasi di dekat kampus Undip Tembalang. Kini, ia sukses dengan banyak cabang di Kota Semarang dan belasan franchise di sejumlah kota di Indonesia.

Hasilkan Produk

Dalam menjalankan usaha tersebut, kreativitas dan inovasi sangatlah penting. Menurut dia, perlu adanya kreasi dan inovasi baru dalam menghasilkan sebuah produk. ”Creativepreneur sangat penting. Sebab, usaha yang kreatif dan lain dari yang lain menjadi daya tarik konsumen,” ujar alumnus Fakultas Ekonomi Undip ini.

Kreativitas dalam menghasilkan produk menjadi elemen penting bagi pegusaha. Konsumen akan bosan apabila produk yang disajikan itu-itu saja.

Untuk itu, dalam menyajikan menu sup buah, Hasan selalu memberikan menu baru bagi pelanggan. Sementara itu, Ketua Laboratorium Komunikasi Publik dan Strategis Program Studi Ilmu Komunikasi Unika Soegijapranata, Silviana Hokgjanto mengatakan, acara ini merupakan implementasi dari salah satu mata kuliah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi. Kegiatan ini mengajak mahasiswa untuk belajar bagaimana menjadi creativepreneur.

Kegiatan tersebut bertujuan mengubah cara berpikir mahasiswa, bahwa selepas lulus mereka tidak melulu harus mencari lapangan pekerjaan sebagai karyawan. Mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri yakni menjadi seorang pengusah.

(►http://berita.suaramerdeka.com,

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Kategori
This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

More Posts

Pura Group

Nama Perusahaan: Pura Group Posisi yang ditawarkan: Programmer & Database

Send Us A Message