Workshop “Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Ilmu Humaniora”


Hal yang melatarbelakangi adanya workshop “ Metode Penelitian Ilmu Humaniora dengan Analisis Kualitatif dan Kuantitatif” (12-13/2), adalah pada masa sekarang banyak terjadi pelanggaran mengenai nilai- nilai kemanusiaan layak halnya mencuri, membunuh, korupsi dan masih banyak lagi. Sehingga kejadian-kejadian ini mengakibatkan adanya keterpurukan bangsa Indonesia secara berkelanjutan. Penyebab akibat kecenderungan ini dilihat kurangnya kajian atau penelitian mengenai nilai- nilai kemanusiaan dan akan berdampak pada lemahnya pendidikan humaniora dan penanaman nilai martabat kemanusiaan.
Untuk meningkatkan adanya peran pendidikan dalam bidang humaniora melalui pendidikan dengan adanya mata kuliah tentang pengembangan kepribadian. Pendidikan humaniora akan membahas mengenai pembinaan kualitas kepribadian anak didik dengan pengembangan kepribadian yang seutuhnya, dengan adanya penanaman nilai-nilai kemanusiaan dan kesadaran dari suatu makna kehidupan pada situasi yang nyata.
Selama ini, dosen menjadi salah satu fasilitator untuk membawa anak didik dalam pembinaan nilai-nilai kemanusiaan. Untuk itu, setiap dosen dapat melakukan penelitian terhadap nilai- nilai kemanusiaan terlebih dahulu. Pengkajian penelitian dapat dilakukan dengan dua metode analisis; metode kualitatif dan metode kuantitatif. Guna menambah wawasan dengan penelitian humaniora dengan menggunakan metode kualitatif, dan untuk mendapatkan penyegaran penelitian humaniora maka dengan melakukan metode kuantitatif. Narasumber dalam workshop ini Dr. Johannes Haryatmoko, SJ (USD), Dr. Yohanes Bagus Wismanto, MS, dan Drs. HM Edy Widiyatmadi, M.Si  (pas)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Kategori
This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

More Posts

Pura Group

Nama Perusahaan: Pura Group Posisi yang ditawarkan: Programmer & Database

Send Us A Message